Culture Ranger

Pada tanggal 5 Januari 2022 telah diadakan kegiatan siswa yang mengangkat sebuah tema menarik yaitu “Culture Ranger”. Kegiatan ini diadakan selama 1 hari dan melibatkan bukan hanya para peserta didik saja namun juga para pendidik di Homeschooling Shine Surabaya.

Tema dari Culture Ranger ini sendiri lahir dari sebuah kesadaran perlunya bagi generasi muda khususnya peserta didik Homeschooling Shine Surabaya untuk mencintai dan melestarikan kembali kebudayaan yang ada di Indonesia, sehingga diharapkan ciri khas yang dimiliki oleh bangsa ini tidak akan menghilang karena dikalahkan oleh kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia. Kegiatan ini dirancang dengan konsep yang seru dan berbeda sehingga dapat menarik minat para peserta didik.

Kegiatan Culture Ranger dimulai dengan permainan game ringan yang diikuti oleh para peserta ddik secara online dan juga talkshow yang dibawakan oleh pendidik Homeschooling Shine Surabaya.

Talkshow tersebut membahas mengenai macam-macam kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia seperti adanya tarian daerah, lagu daerah, permainan daerah dan makanan khas daerah Indonesia. Selain itu para peserta didik juga dihimbau untuk dapat melestarikan kebudayaan milik bangsa Indonesia dimulai dengan cara sederhana seperti mengenakan batik khas Indonesia, menarikan tarian daerah, tetap menjaga bahasa daerah yang dimiliki, dan lain sebagainya.

Kegiatan Culture Ranger berlanjut dengan semakin menarik karena diputarkannya video hasil karya para peserta didik Homeschooling Shine Surabaya. Video tersebut berisi cover lagu daerah yang berasal dari daerah Jawa Timur yang berjudul “Rek Ayo Rek”.

Selain video tersebut ditampilkan juga video lomba TIK-TOK hasil karya para peserta didik yang bertemakan kebudayaan Indonesia. Video TIK-TOK tersebut menampilkan kebudayaan di Indonesia dengan berbagai macam cara seperti menari tarian daerah, menggambar tokoh, membuat masakan Indonesia, fashion budaya Indonesia, mengcover lagu daerah, membuat miniatur rumah adat, dan lainnya.

Kegiatan ini akhirnya ditutup dengan pengumuman pemenang lomba TIK-TOK dan games. Walaupun acara ini diadakan secara online namun para peserta didik tetap memiliki antusias yang tinggi untuk ikut serta dalam meramaikan kegiatan Cullture Ranger dan juga para peserta didik menyadari bahwa kebudayaan Indonesia ini perlu dilestarikan dan dijaga oleh mereka sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.